STANDAR 1.  Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN

 

1.1    Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

 

1.1.1      Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

 

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dilaksanakan dan dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan akademik kebijakan Perguruan Tinggi nasional/daerah serta mencermati kebutuhan kompetensi lulusan yang diharapkan menjadi pasar kerja lulusan program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.Visi, Misi, Tujuan Program Studi ilmu Al-Qur’an dan Tafsir diselaraskan dengan Visi, Misi, Tujuan dari Pihak institusi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone.

Dalam proses penyusunan dan pembenahan Visi, Misi, Renstra, dan Proker Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, telah melibatkan para stakeholders yang memiliki keterkaitan dengan Program Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Adapun stakeholers yang dilibatkan dalam proses penyusunan adalah :

µ  Pihak stakeholders (akademisi, praktisi) melalui kegiatan diskusi terbatas yang diselenggarakan untuk mendapatkan masukan terkait penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran yang menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan pasar kerja lulusan program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

µ  Pihak Akademik Institusi melalui kegiatan rapat koordinasi pengembangan Jurusan dan Prodi untuk merumuskan rancangan pengembangan ke depan Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.ientasi

µ  Pimpinan STAIN Watampone dan melalui kegiatan sosialisasi dan pengarahan pengembangan kelembagaan di tingkat Jurusan dan Prodi yang dituangkan dalam rencana strategis (Renstra) STAIN Watampone. Rumusan Visi, Misi,Tujuan dan Sasaran Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menyesuaikan dengan arah pengembangan dari STAIN Watampone

µ  Tenaga akademik (dosen), melalui kegiatan diskusi dan rapat program studi dalam rangka penyusunan renstra, proker, visi, misi, tujuan sehingga dihasilkan rumusan yang menjadi kesepakatan bersama antar seluruh tenaga akademik Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

 

1.1.2  Visi

 

Terwujudnya alumni yang mengintegrasikan ilmu Al-Qur’an dengan setiap keilmuan dan kritis terhadap problema keislaman 

 

1.1.3  Misi

 

µ  Melaksanakan pengembangan pengetahuan yang berorientasi pada ilmu Al-Qur’an dan Tafsir secara professionalµ  Mewujudkan mahasiswa mahasiswa yang cakap terhadap pengkajian Al-Qur’an

µ  Mengarahkan mahasiswa untuk menjadi manusia yang konsisten terhadap ajaran Islam dan responsive terhadap isu global

µ  Mensosialisasikan ajaran Islam sebagai ajaran yang bermartabat di tengah masyarakat

µ  Menjalin kerja sama dengan lembaga yang berorientasi pada studi Al-Qur’an.

 

 

1.1.4  Tujuan

Menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki keilmuan untuk mengintegrasikan ilmu Al-Qur’an dengan keilmuan yang lain dalam upaya menyelesaikan problema keislaman di tengah masyarakat. 

 

 

1.1.5  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

 

  1. a.    Sasaran Pengembangan Kuantitas dan Kualitas Pendidikan

Pengembangan lulusan yang mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja, antara lain:

-       Lama waktu studi yang dicapai mahasiswa oleh mahasiswa sekitar 4 tahunan.

-       Alumni diharapkan dapat memiliki jiwa entrepreneurship.

-       Kompetensi di bidang keilmuan.

 

Strategi Pencapaian

-       Pemantapan kurikulum yang efektif berdasarkan perkembangan keilmuan, kemandirian lulusan untuk menciptakan pekerjaan secara mandiri dan bekerja secara professional sesuai dengan bidang keahliannya.

-       Peningkatan kualitas tenaga akademik, dengan meningkatkan kualifikasi pendidikan formal S2 dan S3.

-       Peningkatan kualitas tenaga kependidikan melalui pendidikan formal (S1 dan S2) dan non-formal (kursus dan workshop) yang terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

-       Peningkatan kuantitas dan kualitas sarana belajar mengajar.

-       Peningkatan sumberdana melalui biaya pendidikan.

 

  1. b.    Sasaran Pengembangan Kuantitas dan Kualitas Penelitian

Merencanakan penelitian mahasiswa yang berkaitan ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang dikaitkan dengan isu global dan problem yang terjadi di tengah-tengah  masyarakat.

 

Strategi Pencapaian

-       Peningkatan kualitas penelitian yang dilakukan tenaga akademik dan mahasiswa sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuandan tuntutan zaman yang dikembangkan melalui karya tulis mahasiswa berupa skripsi dan penelitian lainnya.

-       Meningkatkan kualitas dan pemahaman tenaga akademik melalui pelatihan atau workshop.

-       Penyebarluasan hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh tenaga akademik maupun mahasiswa melalui jurnal, buku dan website.

-       Peningkatan kualitas tenaga akademik di bidang penelitian dan pembuatan karya tulis ilmiah, dilakukan dengan cara menugaskan tenaga akademik mengikuti pelatihan metodologi penelitian dan penulisan karya ilmiah.

-       Penggalian sumberdana di luar SPP/PNBP melalui peningkatan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

  1. c.    Sasaran Pengembangan Kuantitas dan Kualitas Pengabdian Masyarakat

-       Membangun jaringan kerja yang efektif antara lembaga pendidikan dengan stakeholder.

-       Membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang mengedepankan pengkajian terhadap Ilmu Alquran dan Tafsir.

 

Strategi Pencapaian

-       Peningkatan peran STAIN Watampone dalam meningkatkan desa dan madrasah/pesantren binaan.

-       Peningkatan peran STAIN Watampone dalam pelayanan terhadap masyarakat dalam bentuk mesjid binaan.

-       Meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan sosialisasi Ilmu Al-Qur’an sebagai ilmu keislaman baik melalui media massa dan  kegiatan hari besar keagamaan.